Kode Kerusakan Pada Motor Yamaha Yang Perlu Anda Ketahui


Jika motor rusak dan anda tak tahu apa penyebabnya, hal itu akan sangat mengganggu sekali. apalagi jika motor yamaha yang anda pakai setiap hari memang digunakan untuk pergi bekerja atau beraktivitas. Jika hal itu terjadi mau tak mau anda harus membawa motor anda ke bengkel yamaha terdekat, karena anda tak paham kerusakannya di mana.



Kerusakan yang umum terjadi pada motor yamaha biasanya terjadi pada, indikator chek engine di bagian panel speedometer pada motor yamaha yang menyala terus. Kode kerusakan pada motor yamaha tersebut bisa anda lihat dari kedipan di motor tersebut. pada dasarnya pada saat anda menyalakan mesin motor, indikator akan menyala tapi lalu kemudian mati lagi beberapa detik.

Hal itu normal terjadi pada motor yamaha anda, tetapi yang jadi masalah adalah ketika lampu indikator kedip atau menyala secara terus menerus. Walaupun hal itu tidak mempengaruhi kinerja sepeda motor anda, makan tak usah panik. Mungkin saja hanya kabel speedometernya yang putus, dan harus diganti atau akinya yang tekor dan harus dicharge lagi.

Kode Kerusakan Yang Terjadi Pada Indikator Chek Engine

Jika masalah lampu kedip menyala tersebut masih membuat anda ragu, maka sebaiknya anda membawa motor anda ke bengkel yamaha saja. Untuk lebih meyakinkan apa yang salah dengan motor yamaha anda. Tetapi jika lampu chek engine tersebut menyala terus menerus, tak ada salahnya anda mencoba menjalankan motor terlebih dahulu seperti biasanya.

Jika motor yamaha anda masih berjalan dengan normal dan berfungsi sebagaimana mestinya artinya aki motor anda memang tekor. Tapi anda tak perlu panik saat lampu indikator menyala terus, dan motor anda masih bisa dinyalakan. Pastikan juga bahwa indikator menyala tanpa kedip dan speedometer menjadi tidak berfungsi, artinya hanya kabel indikatornya saja yang putus.

Setelah anda mengetahui apa masalahnya, barulah anda bisa melakukan service yamaha motor, untuk memperbaiki kerusakan kecil tersebut. walaupun hal itu bukan kerusakan yang fatal, tetapi anda tak boleh mengabaikannya. Karena kondisi motor yamaha anda di jalan raya akan mempengaruhi keselamatan anda selama berkendara.

Langkah tepat yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah membawa motor yamaha anda ke bengkel resmi yamaha. Kemudian konsultasikan kode kerusakan yang terjadi, yaitu indikator chen engine yang kedip atau menyala terus menerus. Jika hal itu terjadi mekanik pun akan mengecek atau mendiagnosa ECU motor anda, lalu menyembuhkan penyakitnya.

Mendiagnosa ECU Pada Kode Kerusakan Motor

Berikut ini beberapa kode kerusakan yang sering terjadi pada motor yamaha, saat proses diagnosa ECU sedang dilakukan. Diantaranya yaitu :

  1. Kode 12 : cranksaft position sensor atau di dalam motor pada sistem karburatornya sering disebut dengan pulser yang bermasalah.
  2. Kode 13 : intake pressure yang terlepas atau terjadinya hubungan arus pendek.
  3. Kode 14 : intake pressure yang tersumbat
  4. Kode 15 : bagian TPSnya terlepas atau terjadi hubungan arus pendek.

itulah beberapa kode kerusakan yang umum terjadi pada motor yamaha, dan akan diketahui ketika anda melakukan yamaha service motor.


EmoticonEmoticon