Cara Mengobati Sakit Maag Kronis dengan Ramuan Tradisional

Cara Mengobati Sakit Maag Kronis dengan Ramuan Tradisional
Penting sekali untuk mengetahui gejala sakit maag dan cara mengatasinya karena penyakit yang satu ini sudah memakan banyak korban akibat keterlambatan penanganan. Padahal jika dideteksi sejak dini sakit maag kronistidak akan terjadi dan penangananyapun jauh lebih mudah. Maag merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan pada lambung. Sedangkan kronis atau akut adalah terjadi secara mendadak. Jadi anggapan kebanyakan orang bahwa kronis atau akut adalah parah merupakan persepsi yang salah.

Cara Mengobati Sakit Maag Kronis dengan Ramuan Tradisional

Baca Juga: DEBM, Diet Tanpa Olahraga untuk Kamu yang Pengen Kurus Tapi Doyan Makan

Penyebab Penyakit Maag

Sakit maag kronisditandai dengan rasa nyeri yang teramat sangat pada bagian perut dan disertai dengan perubahan pola makan. Maag disebabkan oleh beberapa faktor seperti penyakit asam lambung, tukak lambung, kelainan kelenjar tiroid, kanker dan penyakit radang usus. Biasanya maag dikatakan kronis apabila dalam sebulan rasa sakit terjadi lebih dari tujuh hari.
Gastritis atau peradangan pada lambung merupakan salah satu penyebab sakit maag kronisdan seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang diolah dengan cara digoreng merupakan pemicu kambuh nya penyakit ini sehingga akan lebih baik menghindari gorengan ataupun makanan yang diolah dengan menggunakan minyak.

Ciri-ciri Sakit Maag Kambuh

Ciri ciri sakit maag kambuh biasanya ditandai dengan nyeri pada perut yang berlangsung secara terus menerus. Biasanya hal ini dipicu oleh konsumsi beberapa jenis makanan seperti cokelat, mint, alkohol, makanan pedas, makanan asam, kopi dan lain sebagainya. Jadi apabila kamu mengalami masalah setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu maka sebaiknya segera hentikan dan hindari jenis makanan. Selain itu ketika kambuh, biasanya penderita maag akan mengalami perut kembung, mual, sakit kepala, sering bersendawa dan perut terasa tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas.

Perawatan Maag Agar Tidak Kambuh

Cara mengatasi maag agar tidak kambuh sangat bergantung dari gaya hidup dan pola makan sehari-hari. Menghindari stress, melakukan olahraga secara rutin dan makan-makanan bernutrisi merupakan cara terbaik agar maag tidak mudah kambuh. Beberapa jenis makanan untuk penyakit maag antara lain adalah makan berserat tinggi, makanan dengan kandungan vitamin E, makanan dengan tekstur lembut dan makanan yang mengandung asam amino.
Contoh beberapa makanan untuk perawatan maag agar tidak mudah kambuh antara lain seperti kentang rebus, bubur ayam, brokoli, dan buah-buahan segar. Buah yang bagus dikonsumsi oleh penderita sakit maag kronisseperti pepaya, pisang, alpukat, melon, semangka, mangga, dan mentimun. Sedangkan minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita maag adalah air kelapa karena air kelapa bisa mencegah kelebihan asam pada perut.

Obat Tradisional Penyakit Maag

Kunyit dan Madu
Untuk mengobati sakit maag kronis, kamu bisa mengambil 2 buah kunyit lalau dicuci bersih. Selanjutnya kunyit tersebut diparut untuk diambil airnya. Karena rasa kunyit agak sedikit hambar maka kamu bisa menambahkan 2 sendok madu untuk menambah rasa manis. Ketika maag kambuh, konsumsi ramuan ini 2 kali dalam sehari dan apabila sudah mereda maka turunkan menjadi sekali dalam sehari sebagai pencegahan. Apabila sudah tidak kambuh lagi maka konsumsi ramuan satu minggu sekali.
Biji dan Daun Pepaya
Pepaya merupakan buah yang terkenal mampu mengatasi sembelit. Namun ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa diambil manfaatnya karena biji dan daun pepaya bisa kamu manfaatkan untuk mengobati maag kronis. Cara membuat ramuan dari biji dan daun pepaya untuk mengatasi maag adalah dengan mengeringkan kedua bahan ini. Setelah kering tumbuk sampai halus. Seduh serbuk tadi menggunakan air hangat dan minum secara teratur.
Daun Jambu Biji
Mengobati sakit maag di rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun jambu biji. Cara membuat ramuan untuk mengatasi sakit maag kronis dengan bahan alami ini adalah sebagai berikut; pertama ambil 5 helai daun jambu biji lalu cuci hingga bersih. Setelah bersih rebus menggunakan air secukupnya. Air rebusan daun jambu biji bisa dikonsumsi tiga kali sehari secara teratur agar maag cepat sembuh. Jika dirasa kurang praktis maka kamu bisa mengkonsumsi langsung buah  jambu biji secara langsung. Namun sebaiknya buang bagian biji dan ambil bagian daging buahnya saja.
Agar sakit maag kronis tidak semakin parah maka sebaiknya jangan lewatkan waktu makan karena jadwal makan yang tidak teratur bisa memicu kelebihan asam lambung dan akhirnya bisa memperburuk kondisi. Selain beberapa contoh ramuan tradisional di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi buah pisang untuk mengatasi maag kronis karena buah dengan warna kuning ini memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme di lambung kamu.


EmoticonEmoticon