Tips Mudah Atasi Baterai Cepat Habis dan Panas Pada Smartphone Android

 
Baterai hp cepat habis padahal masih baru dicas merupakan permasalahan yang lumrah dialami oleh pemilik ponsel dengan teknologi android. Tentu keadaan baterai cepat habis ini sangatlah menjengkelkan sehingga harus segera dicari solusinya.

Cara agar baterai hp cepat habis padahal masih baru tidak terjadi pada kamu maka sebaiknya ketahui hal-hal apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi. Smartphone sendiri merupakan teknologi yang dibekali berbagai fitur menarik untuk memanjakan para penggunanya. Bahkan keberadaan smartphone sering kali membuat orang lupa cara memakai yang benar sehingga membuatnya cepat rusak seperti kondisi baterai smartphone cepat habis dan panas ketika disentuh.

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis Padahal Masih Baru dan Solusinya

Menggunakan Beberapa Aplikasi Sekaligus

Alasan pertama mengapa baterai hp cepat habis padahal masih baru adalah kebiasaan buruk dalam menggunakan smartphone seperti menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu yang sama. Misalnya saja ketika kamu sedang membuka aplikasi chat, sambil mendengarkan musik melalui smartphone otomatis sudah lebih dari satu aplikasi yang kamu jalankan.

Belum lagi ketika sedang chat dengan seseorang di sosmed seperti facebook misalnya dan ada notif lain dari aplikasi seperti email dan kamu langsung mengkliknya untuk mengetahui isi pesan maka secara tidak sadar sudah bertambah satu aplikasi lagi yang sedang kamu jalankan.

Menggunakan beberapa aplikasi seperti ini akan membuat smartphone kamu bekerja lebih berat sehingga mengakibatkan baterai hp cepat habis padahal masih baru saja dicas. Hal ini juga bisa membuat hp cepat panas.

Colokan Charger Menempel Ketika Baterai Sudah Penuh

Penyebab baterai hp cepat habis padahal masih baru yang berikutnya adalah membiarkan chargermenempel pada hp padahal kondisi baterai sudah penuh. Perlu kamu ketahui bahwa smartphone merupakan benda elektronik yang menyimpan bahan kimia sehingga apabila dibiarkan semalaman men charger hp maka akan berakibat pada turunnya performa baterai sehingga baterai mudah drop. Jadi setelah baterai penuh maka segera cabut charger.

Mengisi Daya Hingga 100%

Cobalah untuk tidak mengisi daya baterai hingga 100%, cukup di kisaran 90% saja. Hal ini penting dilakukan supaya baterai hp cepat habis bisa terhindarkan. Ketika men chargerhp, pasti tidak akan kamu tunggu bukan?. Misalnya saja kamu tinggal pergi atau tidur. Kondisi ini bisa membuat baterai terlalu penuh sehingga tegangan tinggi pada baterai secara perlahan-lahan bisa merusak smartphone kamu.

Penggunaan Charger Abal-Abal

Men-charger smartphone menggunakan charger abal-abal bisa menimbulkan baterai hp cepat habis padahal masih baru dicas. Hal ini disebabkan karena mengisi daya menggunakan charger abal-abal ataupun menggunakan sambungan ke laptop bisa mengakibatkan kerusakan pada baterai akhirnya baterai menjadi panas dan mengelembung. Oleh karena itu sebaiknya gunakan charger original dan hindari men charger hp menggunakan laptop.

Terlalu Banyak Aplikasi Terinstal

Penyebab baterai hp cepat habis yang jarang orang ketahui adalah banyaknya aplikasi terinstal dalam sebuah smartphone. Meskipun banyak aplikasi yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store sebaiknya unduh aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan saja. Kebanyakan aplikasi yang ada berjalan secara otomatis walau smartphone dalam mode senyap sehingga membuatnya melakukan multitasking serta melakukan akses ke jaringan untuk mendapatkan pembaharuan notifikasi dari aplikasi.

Main Game Menggunakan Hp

Baterai hp cepat habis dan panas bisa disebabkan karena penggunaan hp untuk memainkan game ataupun berselancar di internet. Ketika bermain game, kondisi layar akan selalu menyala sehingga membuat baterai hp cepat habis. Terlebih lagi jika game yang kamu mainkan bekerja secara online maka akan membuat kinerja hardware semakin meningkat. Tentu saja hal ini akan membuat hp cepat panas hingga akhirnya baterai hp cepat habis.

Agar baterai hp cepat habis bisa terhindarkan maka sebaiknya hindari terlalu sering bermain game menggunakan hp karena akan memaksa sistem CPU, memory, RAM, grafis dan lain-lain bekerja lebih ekstra.

Selalu Menghidupkan Paket Data

Ketika sendang tidak digunakan, sebaiknya matikan paket data internet. Hal ini bisa kamu lakukan ketika sedang tidur ataupun bekerja. Tidur akan semakin nyenyak dengan tidak menyalakan hp.  Bekerja juga akan lebih produktif jika fokus kamu tidak terbagi untuk notif di laman media sosialmu. Dengan begini maka tidak akan terjadi masalah baterai hp cepat habis padahal masih baru saja di charger ataupun diisi daya.

Memperlakukan Hp dengan Kasar

Tidak selayaknya barang pribadimu diperlakukan dengan kasar, apapun itu. Kebiasaan meletakkan hp dengan cara dilempar walaupun ke tempat yang empuk seperti kasur tetap tidak baik untuk dilakukan. Benturan pada hp, terutama benturan yang keras akan membuat ion-ion hp cepat aus. Sedangkan pada bagian hardware benturan akan membuat hp menjadi rusak total.

Baterai cepat habis karena diperlakukan dengan kasar sehingga mengakibatkan benturan memang perlu dihindari, namun yang tidak kalah penting dari ini adalah menjaganya agar tidak terkontaminasi oleh air jika hp kamu tidak didukung fitur waterproof.

Itulah beberapa alasan mengapa baterai hp cepat habis padahal masih baru beserta solusinya. Jadi sebaiknya mulai sekarang kamu bisa mempraktekkan tips di atas agar performa hp tetap optimal.


EmoticonEmoticon