Uji Coba Hyperloop Sukses! Indonesia Terpilih Menjadi Salah Satu Tempat Pengembangan Hyperloop




Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai populasi penduduk tertinggi di dunia dan kerap dihadapkan dengan masalah kemacetan yang sangat parah. Tentu dengan adanya Hyperloop atau kapsul super canggih mampu meminimalisir kemacetan karena bisa memindahkan penumpang maupun barang hanya dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan taksiran dari Hyperloop Transportation Technologies (HTT) rata-rata untuk Jakarta menuju Jogja dengan menggunakan Hyperloop dapat ditempuh kurang lebih 25 menit.
Tentu hal ini sangatlah efektif dan efisien, bagaimana tidak jika kita menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Jogja maka waktu yang dibutuhkan sekitar 10 jam. Selain itu, untuk Jakarta – Bandung juga dapat ditempuh hanya dengan waktu kurang lebih 9 menit jika menggunakan hyperloop. Sungguh menakjubkan! Informasi lebih lengkapnya mengenai kapsul super cepat akan kami ulas dibawah ini:
Beberapa Hal Penting Terkait dengan Hyerloop yang Wajib Anda Ketahui
Ide Gila Elon Musk yang Akhirnya telah Terealisasikan

Elon Musk merupakan penggila teknologi dan sang milyarder yang menjadi inspirasi dari tokoh superhero Iron Man. Pada tahun 2013, Elon Musk memaparkan salah satu ide gilanya yaitu membuat mode transportasi tercemat, aman, serta ramah lingkungan. Meskipun awalnya ide Musk terdengar gila, faktanya pada awal Agustus 2017 telah ada Perusahaan yang membuat dan sukses menguji Prototipe pertama Hyperloop.
Hyperloop tidak Hanya Mengandalkan Kecepatan tapi juga Didesain agar Bebas Tabrakan serta Human Error

Keberadaan kapsul super canggih ini tidak hanya mengandalkan kecepatan semata, namun hyperloop juga diklaim tidak terganggu dengan cuaca ataupun gempa. Alasan hyperloop mampu bergerak sangat cepat lantaran hyperloop digerakkan dengan dua motor elektromagnetik yang diharapkan mampu mencapai kecepatan hingga 1.200 km/jam, terdapat kipas angin raksasa serta kompresor yang dapat mengalirkan udara kedalam hyperloop dan sekitarnya. Hal yang tidak kalah penting yaitu jalur kereta hyperloop dibangun diatas pilar, dimana masing-masing pilar dapat menampung satu tabung yang nantinya akan menghubungkan satu sama lainnya.
Pilar-pilar tersebutlah yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat bertahan dari guncangan gempa. Bagaimana tidak? Hal ini terjadi lantaran bagian atas tabung lintasan hyperloop telah dilengkapi panel surya yang dapat membangkitkan energi sampai 57 MegaWatt/tahun. Komponen lainnya yaitu adanya air bearing yang dapat membuat kapsul hyperloop bergerak melayang dan meminimalisir gesekan dan memaksimalkan kecepatan. 

Indonesia Akan dijadikan sebagai Negara Pertama di Asia Tenggara yang Mempunyai Sistem Transportasi Hyperloop 

Pengembangan Hyperloop di Indonesia telah direncanakan semenjak penandatanganan perjanjian Studi Kelayakan pada bulan Maret di Jakarta, seperti dilansir dari VOA Indonesia. Perjanjian tersebut diperkirakan mencapai 2,5 Juta Dollar AS yang melibatkan pengembangan Hyperloop International yaitu Hyperloop Transportation Technologies (HTT) dengan Hyperloop Transtek Indonesia (HTI). HTI Merupakan Perusahaan swasta yang dipilih untuk mengembangkan teknologi Hyperloop Indonesia dan disaksikan oleh kementerian perhubungan.
Dwi Putranto sebagai salah satu pendiri HTI menjelaskan bahwa Studi Kelayakan Pengembangan Hyperloop dimulai dari Ibu Kota dan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 tahun. Sementara rute yang dipertimbangkan yaitu rute Jakarta dengan kota-kota Satelitnya, rute yang dapat menghubungkan bandara-bandara disepanjang Pulau Jawa, serta rute di Sumatera Utara. Jika proses pengembangannya lancar sampai peluncuran, tentu Indonesia akan menjaga negara pertama di Asia Tenggara yang mempunyai sistem transportasi hyperloop.
Jika hal ini benar terealisasikan maka Hyperloop tidak hanya mengatasi kemacetan di Indonesia namun juga dapat mengubah kehidupan manusia secara keseluruhan. Oleh karena itu, kita tunggu saja kelanjutan dari perkembangan Hyperloop atau Kapsul Super Cepat.


EmoticonEmoticon