Gangguan Psikologis yang Tanpa Sadar Bisa Saja Kamu Alami, dari Narsistik Hingga Merasa Disukai Oleh Semua Orang

Selain kesehatan jasmaniah, kondisi jiwa yang sehat juga menjadi prioritas yang tidak kalah penting. Gangguan psikologis atau penyakit kejiwaan tentu saja bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Kondisi kesehatan yang satu ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Bahkan lebih parahnya tidak sedikit orang yang menyadari bahwa dirinya mengalami gangguan psikologis.

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki gangguan psikologis ataukah tidak, maka simak penjelasan di mengenai macam-macam gangguan psikologis di bawah ini.

Obsessive Compulsive Dissorder


OCD atau Obsessive Compulsive Dissorder merupakan gangguan psikologis yang membuat penderitanya mengulangi suatu tindakan karena ketakutan yang tidak masuk akal. Contoh gangguan OCD adalah seperti mencuci kotor secara berulang-ulang karena takut kotor

Narcissistic Personality Disorder

Jika kamu berpikir kamu adalah orang yang paling sempurna sehingga mencintai diri sendiri secara berlebihan maka bisa dikatakan kamu memiliki gangguan narcissistic personality dissoder atau lebih dikenal dengan NPD. Lebih parahnya gangguan ini akan membuat kamu kurang menghargai perasaan orang lain dan selalu ingin dikagumi. NPD dalam kondisi akut akan membuat seseorang masuk dalam kategori psikopat.

Erotomania

Erotomania akan membuat penderitanya merasa disukai oleh semua orang, namun sebenarnya itu hanyalah ilusi semata. Biasanya orang yang terlalu kepedean mengalami gangguan ini.

Body Dismorphoc Disorder

Body Dismorphoc Disorder merupakan gangguan psikologis yang membuat penderitanya merasa gemuk. Padahal ini hanyalah perasaannya. Selain itu BDD (Body Dismorphoc Disorder) akan membuat seseorang suka membanding-bandingkan tubuhnya dengan orang lain karena selalu berpikiran negatif terhadap tubuh sendiri.

Obsesi Tidur atau Climomania

Pasti kamu punya teman yang terlalu cinta pada kasur, bantal dan selimut sehingga sulit sekali untuk beranjak dari tempat tidur. Seseorang dengan gangguan Climomania ini merasa bahwa tempat tidur tidak mengizinkan jika kamu beranjak dari sana.

Bulimia Nervosa

Seseorang dengan nafsu makan tinggi namun tidak ingin berat badannya naik maka kemungkinan besar akan mengalami gangguan ini. Penderita nulimia nervosa akan makan secara berlebihan dan setelahnya akan berusaha mengeluarkan kembali makanan yang telah ia makan dengan cara minum air putih dalam jumlah banyak ataupun memasukkan tangan ke dalam mulut.


EmoticonEmoticon