7 Masalah Rambut yang Mengindikasikan Penyakit Serius



Memiliki rambut indah dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun terkadang berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kusam dan bercabang datang tak diundang. Jika ditemukan masalah rambut seperti hal tersebut sebaiknya anda perlu waspada karena kondisi rambut yang kurang sehat mengindikasikan kesehatan tubuh secara menyeluruh juga.
Rambut rontok umumnya disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan juga vitamin penting di dalam tubuh sehingga penting sekali mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin. Untuk lebih jelasnya berikut ini indikasi penyakit yang bisa dilihat dari kesehatan rambut.

7 Masalah Rambut yang Menandakan Gangguan Kesehatan

Ketombe Bisa Menandakan Masalah Kesehatan yang Serius


Ketombe biasanya muncul pada rambut yang kurang terawat ataupun tidak terjaga kebersihannya. Namun bukan hanya itu, jika anda mengalami ketombe parah dan tidak hilang setelah berganti shampo ataupun diobati maka sebaiknya waspadalah karena kondisi ini menandakan masalah kesehatan yang serius. Maka apabila ketombe tak kunjung sembuh setelah mencoba berbagai cara sebaiknya periksakan diri ke dokter agar segera diketahui penyebab dan dapat segera mendapat penanganan yang tepat.

Rambut Rapuh dan Pecah-pecah Merupakan Pertanda Penyakit Anemia      

Rambut rapuh dan pecah-pecah bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda mengalami masalah pada kelenjar tiroid ataupun anemia.

Kulit Kepala Memerah dan Mengelupas


Permasalahan pada rambut tak hanya ketombe dan rambut rontok saja, namun ada juga gangguan kesehatan rambut seperti kulit kepala memerah dan mengelupas. Penyakit ini disebut dengan psoriasis yang biasanya berkaitan dengan penyakit jantung, artritis dan bahkan sindrom metabolik.
Rambut Kering Berkaitan dengan Ketidakseimbangan Hormon
Rambut kering dan tidak seperti biasanya memiliki hubungan erat dengan kondisi hormon dalam tubuh yang tidak seimbang. Biasanya rambut kering terjadi pada ibu hamil, perimonopause ataupun monopause.

Rambut Rontok atau Kering karena Kerusakan Folikel


Kondisi rambut rontok ataupun kering bisa saja terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan. Jika seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam waktu lama maka kemungkinan folikel rambut akan mengalami kerusakan sehingga berdampak pada kondisi rambut menjadi rontok ataupun kering.

Rambut Rapuh Akibat dari Hormon Stress


Rambut rapuh juga merupakan tanda jika hormon kortisol yang merupakan hormon pemicu stress dalam tubuh mengalami peningkatan. Masalah lebih serius mungkin saja terjadi jika rambut rapuh ini dibarengi juga dengan kelemahan otot, penipisan kulit, penambahan berat badan  gejala lain.

Rambut Rusak Karena Perawatan Rambut yang Berbahaya


Apabila kondisi rambut anda semakin parah. Seperti lebih rontok dan lebih rapuh dari biasanya bisa jadi itu merupakan pertanda rusaknya rambut akibat dari perawatan rambut yang dipilih berbahaya. Jadi sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih perawatan rambut agar tidak terjadi kerusakan rambut.

Tumbuh Uban Terlalu Awal Akibat Genetika Hingga Masalah Hormonal


Umumnya uban tumbuh setelah seseorang masuk usia lanjut. Namun jika usia kamu baru 20an dan uban sudah tumbuh maka bisa jadi terjadi akibat masalah genetik. Namun disamping itu masalah lain seperti stress, gangguan hormonal dan kurang gizi juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia dini. Untuk menghindari hal ini terjadi maka sebaiknya konsumsi asupan vitamin B secara cukup saat sedang stress dan hindari kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol ataupun merokok.






EmoticonEmoticon